Hari Pelanggan Nasional, Ajang Memanjakan Para Pelanggan

Siapa yang tidak senang jika mendapat pelayanan dengan baik? Pelayanan yang memuaskan merupakan kunci kesuksesan suatu usaha. Apapun usahanya, jika dapat melayani dengan baik, para pelanggannya akan kembali lagi. Dengan adanya Hari Pelanggan Nasional yang jatuh setiap tanggal 4 September, para pelanggan merasa dimanjakan pada hari tersebut.

Seperti para pelanggan Alfamidi yang mendapatkan program cunsumer promo yang berupa hadiah langsung, pemberian kejutan kue ulang tahun kepada setiap member Ponta Alfamidi yang berulang tahun tepat di Hari Pelanggan Nasional, free biaya administrasi untuk layanan pembayaran di toko Alfamidi, dan masih banyak keuntungan lain yang mereka dapatkan.

Menjadi pelanggan Alfamidi begitu menguntungkan bagi Eka, karena pada Hari Pelanggan Nasional ia berulang tahun. Dan seketika ia mendapatkan kejutan kue ulang tahun dan hadiah lainnya dari Alfamidi. “Saya tidak menyangka dapat kejutan ulang tahun seperti ini dari Alfamidi, tentunya jadi momen yang tidak bisa saya lupakan,” ujar Eka terharu.

Pada hari yang sama, jajaran direksi dan manajemen turun langsung untuk melayani para pelanggan di toko Alfamidi yang dilakukan serentak di semua cabang Jabodetabek, Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Medan, Makasar, dan Samarinda.

“Jadi kasir itu ternyata nggak gampang, sambil melakukan transaksi, kami juga harus menjawab beberapa pertanyaan konsumen seputar program promosi atau info dari suatu produk, tetapi kami merasa senang bisa merasakan interaksi langsung dengan konsumen kami. Saat konsumen tersenyum setelah kami layani langsung, terselip rasa bangga di hati kami dan memang benar adanya, jika senyum pelanggan adalah senyumku juga,” ujar Yohanes Santoso, Operational Director Alfamidi saat menjadi kasir pada Hari Pelanggan Nasional di toko Alfamidi Alam Sutera Tangerang (4/9/2015).

Yohanes Santoso juga mengatakan pentingnya jajaran direksi dan manajemen turun langsung menjadi frontliners atau garda terdepan menghadapi konsumen sangatlah penting, pertama dari sisi konsumen tentunya mereka merasa bahwa perusahaan tersebut menganggap bahwa konsumen adalah aset dan harus terus dijagaagar ikatan atau hubungannya terus terbangun. Kedua, dari sisi internal, bagi team toko ada rasa bangga karena merasa terinspirasi dengan turunnya jajaran direksi dan manajemen menghadapi konsumen.

Tepat pada Hari Pelanggan Nasional juga, Alfamidi meluncurkan website www.alfamidiku.com dan aktivitas di media sosial. “Dalam menyambut hari pelanggan nasional tahun ini, kami mengadakan kuis di social media serta peluncuran website, hashtag kami #HarpelnasinMidi sempat bertengger sebagai trending topic,” ujar Rini Hestrinalia, General Marketing Manager Alfamidi.

Tak hanya itu, puncak peringatan Hari Pelanggan Nasional diselenggarakan pada hari Minggu, 6 September 2015. Sekitar 250 frontliners Alfamidi mengikuti Parade Simpatik Hari Pelanggan Nasional yang diselenggarakan oleh Frontier Consulting Group, Majalah Marketing dan majalah Service Excellence. Para frontliners tersebut juga membagikan 1000 cinderamata kepada para pejalan kaki di sekitaran acara berlangsung yaitu pada Car Free Day di jalan Sudirman-Thamrin-Monas.