Terus Bangun Hubungan Baik, Alfamidi Meriahkan Hari Pelanggan Nasional

Pelanggan adalah raja. Ungkapan itu sering diucapkan siapa saja yang berkecimpung dalam dunia bisnis. Jika dipikirkan lebih mendalam, hal itu memang benar adanya. Keberlangsungan suatu usaha sangat terkait erat dengan jumlah pelanggan yang berhasil diperoleh.

Namun, pelanggan juga bukan sekadar angka di dalam rumus statistik atau lembaran grafik. Kini seiring perkembangan zaman yang semakin modern, keberadaan mereka sudah seharusnya dipandang layaknya manusia yang utuh dan memiliki keinginan serta perasaannya sendiri.

Perusahaan sebagai satu pihak yang membutuhkan pelanggan sudah sepatutnya memahami hal tersebut bagi keberlangsungan operasional perusahaan di masa depan. Atas dasar itu, tidak heran jika setiap 4 September di Indonesia diperingati Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas).

Sejak dimulai perayaannya pada tahun 2013 silam, Harpelnas semakin membuat perusahaan dan pelanggan saling menghargai satu sama lain sebagai pihak yang sama-sama membutuhkan.

Alfamidi juga melakukan hal tersebut. Sebagai salah satu jaringan ritel nasional terkemuka, Alfamidi ikut merayakan Harpelnas dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk meningkatkan loyalitas dan membangun engagement dengan pelanggan.

Penyelenggaraannya sendiri dilakukan pada Jumat, 4 September 2015 kemarin. Tercatat beberapa kegiatan diselenggarakan. Mulai dari program consumer promo berupa program hadiah langsung dan potongan harga yang tergabung dalam program JSM & HAP spesial harpelnas, kejutan kue ulang tahun untuk member Ponta Alfamidi yang berulang tahun di 4 September, free administrasi untuk layanan pembayaran seperti PLN postpaid, tagihan telefon Speedy & Flexy, PDAM, Multi Finance serta peluncuran website www.alfamidiku.com dengan konsep experience based.

Pelayanan langsung dari jajaran direksi dan manajemen tersebut bisa dibilang kegiatan yang paling istimewa dibanding kegiatan lainnya. Pasalnya itu dilakukan serentak di semua cabang Alfamidi di Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Makassar, dan Samarinda.

Menurut Operational Director Alfamidi Yohanes Santoso, kegiatan tersebut sangatlah penting karena konsumen akan merasa Alfamidi memperlakukan dirinya sebagai aset dan ada hubungan baik yang terbangun.

Selain itu, Yohanes juga menyatakan rasa bangga akan tercipta di setiap karyawan tim toko karena merasa terinspirasi dari turunnya langsung jajaran direksi dan manajemen menghadapi konsumen. Mereka menjadi lebih mengetahui bagaimana suka-dukanya menghadapi konsumen.

“Jadi kasir itu ternyata tidak gampang. Sambil melakukan transaksi, kami juga harus menjawab beberapa pertanyaan konsumen seputar program promofi atau info produk. Namun, kami juga merasa senang bisa merasakan interaksi langsung dengan konsumen kami. Saat konsumen tersenyum setelah kami layani langsung, terselip rasa bangga di hati kami. Memang benar adanya, senyum pelanggan adalah senyumku juga,” ujar Yohanes yang menjadi kasir di gerai Alfamidi di Alam Sutera, Tangerang, Jumat (4/9/2015).

Salah satu bukti nyata hubungan baik antara konsumen dan Alfamidi bisa dilihat dari ujaran Pak Eka, salah satu pelanggan yang datang berbelanja ke toko. Saat itu ia kebetulan sedang berulang tahun dan kemudian mendapat kejutan kue ulang tahun langsung dari Alfamidi.

“Saya tidak menyangka mendapat kejutan kue ulang tahun seperti ini dari Alfamidi. Tentunya jadi momen yang tidak bisa saya lupakan,” ujar Pak Eka. Di sisi lain, General Marketing Manager Alfamidi Rini Hestrinalia mengatakan, customer engagement yang dilakukan dalam rangka memperingati Harpelnas juga terwujud dalam kegiatan lain. Salah satunya aktivitas di media sosial dan peluncuran website Alfamidi.

“Dalam menyambut hari pelanggan nasional tahun ini, kami mengadakan kuis di media sosial serta peluncuran website. Hashtag kami #harpelnasinMidi sempat bertengger sebagai trending topic,” ujar Rini.

Selain itu, momen Harpelnas yang berlangsung di awal September ini pun diikuti Alfamidi bersama pihak-pihak lain dalam acara Parade Simpatik Hari Pelanggan Nasional.

Dalam acara yang diikuti sekitar 90 perusahaan dari berbagai sektor industri dengan total 8500 peserta parade tersebut, sekitar 250 frontliners Alfamidi mengikuti parade yang mengambil lokasi di Jl. Sudirman, Thamrin dan Monas pada Minggu 6 September 2015 kemarin.

Di sana para frontliners Alfamidi bertengger di urutan keempat pada saat parade berlangsung. Tak ayal, sekitar 1000 cinderamata yang dibagikan frontliners Alfamidi pun disambut meriah para pejalan kaki di sekitar lokasi acara sambil meneriakkan yel-yel.

Adanya hubungan baik antara perusahaan dengan masyarakat dan pelanggan seperti yang dilakukan Alfamidi saat Harpelnas memang menjadi inspirasi. Kedua belah pihak menghargai satu sama lain sebagai unsur yang saling melengkapi.

Sebab tanpa pelanggan yang loyal, perusahaan juga akan kesulitan berkembang. Sementara tanpa perusahaan yang mengerti kebutuhan konsumen, pelanggan juga akan miskin panduan dan inspirasi.