Hari Pelanggan Nasional, Alfamidi Hadirkan Serangkaian Aktivitas Menarik!

EKSISTENSI atau keberlangsungan suatu usaha sangat erat kaitannya dengan jumlah pelanggan yang didapat. Untuk itu tidaklah berlebihan apabila dicetuskan Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) yang jatuh setiap tanggal 4 September.

Harpelnas digagas oleh Handi Irawan D, CEO Frontier Consulting Group dan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Megawati Soekarno Putri pada 4 September 2013 lalu, tujuannya jelas yaitu untuk memahami pelanggan sebagai jiwa bagi perusahaan.

Sebagai salah satu jaringan ritel nasional terkemuka, Alfamidi pun terus memperbaiki kualitas pelayanan terhadap para pelanggannya. Dalam rangka Hari Pelanggan Nasional yang bertepatan hari Jumat (4/9), untuk kali ketiga, Alfamidi kembali menghadirkan sederet aktivitas untuk menjalin kedekatan bersama para pelanggan di hari istimewa ini.

Di antaranya, program consumer promo; gratis topi keren setiap belanja minimal pembelanjaan tertentu, program potongan harga kerjasama dengan supplier yang tergabung dalam promo JSM & HAP spesial hari pelanggan. Selain itu, Alfamidi juga mengadakan kegiatan customer engagement dengan pelanggan setianya, yaitu kejutan kepada member Ponta Alfamidi yang berulangtahun bertepatan dengan harpelnas.

Kegiatan spesial harpelnas lainnya, Alfamidi juga memberikan free biaya administrasi untuk layanan pembayaran seperti PLN postpaid, tagihan telefon Speedy & Flexy, PDAM, Multi Finance serta peluncuran website www.alfamidiku.com dengan konsep experience based.

Tidak kalah penting, pelayanan langsung dari jajaran direksi dan manajemen kepada pelanggan di toko Alfamidi, dilakukan serentak di semua cabang Alfamidi yang tersebar di Jabodetabek, Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Medan, Makassar dan Samarinda.

Seperti disampaikan Yohanes Santoso, Operational Director Alfamidi, turunnya jajaran direksi dan manajemen sebagai frontliner atau garda terdepan dalam melayani konsumen sangat penting. Dari segi konsumen, membuat mereka merasa bahwa perusahaan tersebut menganggap konsumen sebagai aset dan harus terus di maintain agar ikatan atau relationship-nya terus terbangun. Sementara dari sisi internal, bagi tim toko tercipta rasa bangga karena merasa terinspirasi dengan turunnya jajaran direksi dan manajemen menghadapi konsumen.

“Jadi kasir itu ternyata gak gampang, sambil melakukan transaksi, kami juga harus menjawab beberapa pertanyaan konsumen seputar program promosi atau info dari suatu produk, tetapi kami merasa senang bisa merasakan interaksi langsung dengan konsumen kami. Saat konsumen tersenyum setelah kami layani langsung, terselip rasa bangga dihati kami dan memang benar adanya, jika senyum pelanggan adalah senyumku juga”, ujar Yohanes saat menjadi kasir pada Hari Pelanggan Nasional di toko Alfamidi Alam Sutera Tangerang (4/9).

Rini Hestrinalia, General Marketing Manager menambahkan, selain kegiatan consumer promo, customer engagement dalam memberikan kejutan ulang tahun buat member dan pelayanan langsung dari direksi dan jajaran manajemen, Alfamidi juga turut meramaikan hari pelanggan nasional dengan aktivitas di social media dan juga peluncuran website www.alfamidiku.com.

Melalui konten yang dihadirkan di platform dunia maya ini, pelanggan dapat mencari informasi terbaru seputar Alfamidi sekaligus menikmati berbagai kegiatan seru yang dihadirkan.

“Dalam menyambut hari pelanggan nasional tahun ini, kami mengadakan kuis di social media serta peluncuran website, hashtag kami #harpelnasinMidi sempat bertengger sebagai trending topic”, jelas Rini.

Sebagai salah satu pelanggan yang berbelanja bertepatan dengan peringatan ini, Eka mengaku terharu dengan kejutan kue ulang tahun dan hadiah yang diterimanya dari Alfamidi.

“Saya tidak menyangka dapat kejutan ulangtahun seperti ini dari Alfamidi, tentunya jadi momen yang tidak bisa saya lupakan”, kata Eka. Pada puncak acara peringatan hari pelanggan nasional, turut di gelar Parade Simpatik Hari Pelanggan Nasional yang diselenggarakan oleh Frontier Consulting Group, Majalah Marketing dan majalah Service Excellence, dimana Alfamidi turut menjadi salah satu peserta yang mengikuti parade simpatik tersebut.

Sekitar 250 frontliners Alfamidi yang mengikuti Parade Simpatik tersebut yang berada di urutan keempat saat parade berlangsung. Acara ini merupakan gerak jalan serentak yang diikuti sekitar 90 perusahaan dari berbagai sektor industri melibatkan lebih dari 8500 frontliners serta jajaran direksi.

Parade simpatik ini mengambil lokasi di sepanjang Jalan Sudirman, Thamrin dan Monas yang digelar pada Car Free Day, Minggu 6 September 2015. Alfamidi pun turut membagikan 1000 cindermata Alfamidi kepada para pejalan kaki dan suasana dimeriahkan dengan yel-yel Alfamidi.

Tentunya, di Hari Pelanggan Nasional, Alfamidi terus bertekad mengembangkan diri untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang maksimal bagi para pelanggan setianya.