Alfamidi bersih sungai dan tanam 750 pohon di Minahasa Utara

Peringati Hari Sungai Nasional 2023, Alfamidi gelar bersih sungai dan penanaman pohon di Desa Kema Dua, Kabupaten Minahasa Utara, Sabtu.
Dalam aksi ini, Alfamidi berkolaborasi dengan Komunitas Peduli Sungai Firdaus Kema.


Pakowa adalah sungai yang jadi target pembersihan. Sungai ini langsung bermuara ke pantai yang menjadi lokasi wisata di Desa Kema.
Kegiatan ini  melibatkan Pemerintah Desa Kema Dua, Pemerintah Kecamatan Kema,  Balai Wilayah Sungai Sulawesi I, Bakamla, BPDASHL Tondano, Komunitas Peduli Sungai, serta masyarakat sekitar dan karyawan Alfamidi. "Kami menggandeng semua pihak untuk mendukung kelestarian lingkungan. Diantaranya dengan kampanye bersih sungai dari sampah. Apalagi sampah rumah tangga" ujar Branch Manager Alfamidi Manado, Achmad Basuki. Tidak hanya itu, perseroan juga melakukan penghijauan sebagai dukungan keseimbangan alam.
"Sekitar 750 pohon kayu dan pohon produktif yang kami tanam, ini  kami libatkan warga untuk menanam dan tentu merawatnya," tambah Achmad.

 

Adapun yang ditanam berjumlah 750 pohon. Terdiri dari 100  pohon ketapang kencana, 100 pohon cempaka, 100 pohon nantu, 250 pohon matoa, 100 pohon durian,  50 pohon alpukat dan 50 pohon pakoba. Achmad mengatakan, perseroan terus fokus pada kepedulian terhadap lingkungan. Diantaranya  kampanye mengurangi penggunaan kantong plastik di toko.
Disamping itu, kepedulian ini sebagai bentuk dukungan perseroan bagi program pemerintah di sektor wisata. "Sungai di Desa Kema muaranya ke pantai, pantai ini jadi tempat wisata, jadi kalau pantai bersih pasti kunjungan semakin banyak," paparnya.

Sementara itu, Camat Kecamatan Kema, Daniel Komenaung mengatakan, pihaknya mengapresiasi program  yang digalakkan Alfamidi terhadap lingkungan. Sebab kata dia, hal itu sangat mendukung program pemerintah di Kabupaten Minahasa Utara.