Alfamidi Resmikan Program Kelas Ritel dan Teaching Factory di SMK Bisnis dan Teknologi Bekasi

Peresmian ini dilakukan di halaman sekolah SMK Bisnis dan Teknologi Bekasi dihadiri oleh Gunardi selaku Branch Manager Alfamidi Bekasi, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Provinsi Jawa Barat, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bekasi, Camat Bekasi Selatan, Ketua Yayasan Karya Anak Mandiri Indonesia (YKAMI), Kepala SMK Bisnis dan Teknologi Bekasi (Bistek), serta seluruh guru dan murid SMK Bistek, Selasa (25/6/24).

Alfamidi Class merupakan sebuah program vokasi yang dirancang sebagai pembelajaran sesuai dengan kebutuhan industri retail dengan mengacu pada peraturan dan ketentuan pendidikan nasional atau kelas persiapan calon karyawan Alfamidi. 

“Jadi pesertanya akan dipilih sejak kelas 10, para peserta didik terpilih juga akan dilatih oleh para praktisi dan guru-guru tersertifikasi. Bukan hanya murid, para guru pun diberikan ilmu yang matang guna  mempersiapkan peserta didik di dunia kerja.” ujar Gunardi, Branch Manager Alfamidi Bekasi

Tak hanya program kelas ritel saja, namun Alfamidi juga menghibahkan sebuah laboratorium ritel yang dibangun di dalam sekolah atau yang disebut dengan Teaching Factory. Kepala Sekolah SMK Bistek pun turut mengapresiasi dengan diresmikannya program ini. 

“Terima kasih Alfamidi, Teaching Factory ini sebagai konsep pembelajaran dalam suasana sesungguhnya, sehingga pembelajaran di sekolah akan selaras dengan perusahaan sehingga dapat menjembatani kesenjangan kompetensi antara kebutuhan industri dan pengetahuan yang ada di sekolah.” ujar Agus Setia Budi, Kepala SMK Bistek

Program Alfamidi Class di SMK Bisnis dan Teknologi ini merupakan sekolah ke 5 yang telah diresmikan oleh  Alfamidi Branch Bekasi  dan sekolah ke 47 secara nasional yang telah diluncurkan Alfamidi. 

Selama tiga tahun siswa dari hasil seleksi tersebut akan menjalani pembelajaran dengan menggunakan kurikulum yang sudah dilakukan sinkronisasi kurikulum. Program Praktik Kerja Lapangan (PKL) juga akan dilaksanakan di cabang minimarket sekitar Kota Bekasi. Nantinya, siswa yang sudah menyelesaikan pembelajaran akan mendapat kesempatan istimewa yaitu diterima bekerja dan membangun karir di Alfamidi tanpa melalui tes.