Cetak Generasi Unggul, Alfamidi Resmikan Alfamidi Class di SMK Bina Bangsa

Mendukung pendidikan Indonesia, PT Midi Utama Indonesia Tbk melalui Alfamidi Branch Bitung kembali meresmikan Alfamidi Class dan pembangunan Teaching Factory di SMK Bina Bangsa Tangerang Selatan, Banten, Kamis (18/7/24).

Kelas vokasi di SMK Bina Bangsa ini merupakan sekolah swasta pertama di Tangerang Selatan yang dilengkapi fasilitas Teaching Factory Alfamidi. Sudah adanya puluhan alumni yang bergabung dan menjadi karyawan Alfamidi melatarbelakangi dibukanya program ini di sekolah tersebut. 

Alfamidi class merupakan sebuah program vokasi yang ditetapkan oleh pemerintah sesuai dengan kurikulum pendidikan Indonesia. Program ini fokus dalam menyiapkan bekal para siswa seperti keahlian, kompetensi dan keterampilan untuk siap terjun di industri ritel khususnya Alfamidi.

Peresmian ini dihadiri langsung oleh Branch Manager Bitung Rudi Widodo, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten, Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wilayah Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan. Selain itu juga hadir Kepala SMK Bina Bangsa, Ketua Yayasan SMK Bina Bangsa, Pengawas Pembina SMK Bina Bangsa serta seluruh guru dan siswa SMK Bina Bangsa. 

Dalam pelaksanaannya, Alfamidi memberikan sebuah tempat atau ruang simulasi minimarket (Teaching Factory) yang didesain menyerupai gerai Alfamidi untuk digunakan para siswa ketika praktik. Kerja sama Alfamidi dengan SMK Bina Bangsa diharapkan dapat menciptakan siswa-siswa unggulan yang memiliki jiwa wirausaha dan manajemen bisnis yang baik. 

Branch Manager Alfamidi Bitung, Rudi Widodo mengungkapkan banyak keuntungan yang akan didapat para siswa jika mengikuti kelas vokasi ini, salah satunya siswa yang tergabung dalam Alfamidi Class mendapat kesempatan istimewa yaitu langsung diterima bekerja dan membangun karirnya di Alfamidi tanpa melalui tes.

“Jadi, kami mendukung penuh program pemerintah dalam memajukan generasi emas Indonesia. Siswa lulusan Alfamidi Class akan mendapatkan haknya secara otomatis langsung bekerja di perusahaan Alfamidi tanpa melalui ujian sekalipun,” ujarnya.

Kepala SMK Bina Bangsa, Retno Harjanti mengapresiasi pembukaan kelas program ini. 

“Kami berterima kasih atas peluncuran program ini, semoga program ini dapat memberikan manfaat dan mendukung pendidikan vokasi di Indonesia,” ucap Retno.

Hingga saat ini, Alfamidi Branch Bitung sudah membuka program Alfamidi Class di 8 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang tersebar di 3 Provinsi di Indonesia meliputi Jakarta, Jawa Barat dan Banten.