Minimarket di Depok Wajib Jual Buah dan Sayur Produksi Lokal

Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Hortikultura Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Ir. Yasid Taufik MM, mengandeng sejumlah minimarket dalam memproduksi buah dan sayur produksi lokal.

Salah satu ritel minimarket itu adalah PT Midi Utama Indonesia Tbk. (Alfamidi) memasarkan produk lokal hasil pertanian lokal yaitu buah-buahan maupun sayuran.

“Pemasaran produk hasil tani seperti buah-buahan maupun sayuran merupakan misi pertama ritel di Indonesia, yaitu dengan memprioritaskan display produk lokal. Selain itu diharapkan para ritel ini nanti bisa bekerjasama dengan kelompok petani lokal,”ujarnya saat membuka bazar buah lokal di toko Alfamidi Super, Jalan Raya Limo, Kota Depok, Senin (14/5) siang.

Selain itu kelompok binaan petani yang telah dibangun, menurut Yasid ada 10 kelompok petani tersebar di beberapa daerah salah satunya kelompok tani asal Depok yaitu Asosiasi Depok Organik.

“Kita berharap kerjasama dengan ritel khususnya Alfamidi bisa berjalan harmonis dan menguntungkan bagi kelompok tani lokal. Bahwa pada kenyataan hasil produk lokal tidak kalah dengan hasil impor dalam hasil pertaniannya,”tambahnya.

Corporate Communication Manager Alfamidi, Arif L. Nursandi mengatakan kegiatan bazar buah lokal yang diadakan pihaknya akan diadakan selama tiga hari mulai 14 – 17 Mei yang merupakan hasil kerja sama antara Alfamidi dengan Kementrian Pertanian RI.

“Tujuan bazaar ini adalah untuk mempromosikan buah dan sayur lokal kepada masyarakat luas,” tutur Arif.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa hasil panen petani buah khususnya yang ada di sekitaran Depok saat ini sudah cukup baik dan layak dipasarkan dijaringan ritel modern.

Hal ini dikarenakan Kementerian Pertanian melalui Dirjen Hortikultura sudah terjalin kerja sama yang bagus dengan Japan International Corporation Agency (JICA) di dalam pendampingan petani-petani buah yang ada di Depok dan sekitarnya.

Petani buah dan sayuran ini mendapat pelatihan dan bimbingan langsung dari JICA mulai dari penanaman dan pemeliharaan hingga menghasilkan produksi buah dan sayur yang bagus.

“Ini merupakan komitmen dari Alfamidi untuk turut memasarkan buah-buahan dan sayuran lokal sehingga bisa membantu petani-petani lokal,” tandasnya.

Selain di Alfamidi Supermarket Limo, pihaknya juga menggelar kegiatan serupa di Alfamidi Super Penggilingan, Jakarta Timur.

“Ke depan, tentu kami juga akan menyasar daerah-daerah lain sehingga buah lokal nanti bisa lebih unggul dari buah impor,” pungkasnya.